PERSIAPAN AKOMODASI
Tanggal, 30
oktober 2017
Persiapan
akomodasi
Persiapan akomodasi biasanya
berhubungan dengan tempat penginapan selama pimpinan melakukan pertemuan
bisnis. Umumnya perjalanan bisnis pimpinan memerlukan reservasi untuk hotel. Seorang
administrasi kantor/sekretaris harus mengetahui hotel seperti apa yang
diinginkan pimpinan dan mencari informasi tentang hotel tempat pimpinan akan
menginapsebaiknya memilih hotel yang berdekatan dengan lokasi pertemuan bisnis,
tetapi bisa saja pimpinan lebih memilih hotel yang biasa ditempati atau sudah
beberapa kali ditempati pimpinan, walaupun tempatnya jauh dari lokasi
pertemuan.
1. Hal-hal yang harus diperhatikan
dalam pesiapan akomodasi, yaitu sebagai berikut.
a) Pemesanan kamar hotel
Pemesanan kamar hotel
sebaiknya dilakukan sehari sebelumnya, bisa dilakukan melalui telepon, facsimile,
atau pesan langsung saat tiba di hotel. Gunakan nama pemesan yang benar sesuai
KTP untuk memudahkan pengecekan.
b) Check in
Check in dilakukan pada
saat memesan kamar di bagian reservation(pemesanan) atau front
office(resepsionis). Petugas akan memberitahu tentang beberapa fasilitas serta
sarana yang dimiliki hotel.
c) Check out
Pada umumnya hotel
memerlukan waktu check out sekitar antara pukul 12.00 – 14.00 dihari terakhir
penginapan, dimana tamu hotel kemudian menyerahkan kunci kamar yang dipilih dan
memeriksa barang-barang yang dibawa.
d) Cara pembayaran
Biasanya pembayaran
dilakukan pada saat check in, sesuai lamanya waktu menginap dan kelas kamar
yang dipilih, biaya ini hanya untuk pembayaran kamar.
Agar dapat menyusun perencanaan akomodasi
sesuai keinginan pimpinan, seorang administrasi kantor/sekretaris harus
mengetahui hal-hal berikut ini.
Ø Lokasi/tempat tujuan perjalanan
bisnis.
Agar administrasi kantor/sekretaris dapat segera mencari dan menghubungi
hotel untuk menginap pimpinan.
Ø Lamanya perjalanan bisnis.
Apabila pertemuan bisnis lebih dari satu hari tentu memerlukan
penginapan, tetapi bila pertemuan hanya satu hari, pimpinan tidak perlu
menginap, selesai acara langsung pulang.
Ø Jenis acara perjalanan bisnis.
Administrasi kantor/sekretaris harung mengetahui acaranya dan fasilitas
yang diberikan oleh tempat penginapan, karena hal ini berkaitan dengan biaya
penginapan, konsumsi, dan akomodasi lainnyaAdministrasi kantor/sekretaris harung mengetahui acaranya dan fasilitas
yang diberikan oleh tempat penginapan, karena hal ini berkaitan dengan biaya
penginapan, konsumsi, dan akomodasi lainnya.
terimakasi semoga bermanfaat bagi kalian semua...
Komentar
Posting Komentar