PERSIAPAN AKOMODASI

Tanggal, 30 oktober 2017
Persiapan akomodasi
                Persiapan akomodasi biasanya berhubungan dengan tempat penginapan selama pimpinan melakukan pertemuan bisnis. Umumnya perjalanan bisnis pimpinan memerlukan reservasi untuk hotel. Seorang administrasi kantor/sekretaris harus mengetahui hotel seperti apa yang diinginkan pimpinan dan mencari informasi tentang hotel tempat pimpinan akan menginapsebaiknya memilih hotel yang berdekatan dengan lokasi pertemuan bisnis, tetapi bisa saja pimpinan lebih memilih hotel yang biasa ditempati atau sudah beberapa kali ditempati pimpinan, walaupun tempatnya jauh dari lokasi pertemuan.
1.       Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pesiapan akomodasi, yaitu sebagai berikut.
a)      Pemesanan kamar hotel
Pemesanan kamar hotel sebaiknya dilakukan sehari sebelumnya, bisa dilakukan melalui telepon, facsimile, atau pesan langsung saat tiba di hotel. Gunakan nama pemesan yang benar sesuai KTP untuk memudahkan pengecekan.
b)      Check in
Check in dilakukan pada saat memesan kamar di bagian reservation(pemesanan) atau front office(resepsionis). Petugas akan memberitahu tentang beberapa fasilitas serta sarana yang dimiliki hotel.
c)       Check out
Pada umumnya hotel memerlukan waktu check out sekitar antara pukul 12.00 – 14.00 dihari terakhir penginapan, dimana tamu hotel kemudian menyerahkan kunci kamar yang dipilih dan memeriksa barang-barang yang dibawa.
d)      Cara pembayaran
Biasanya pembayaran dilakukan pada saat check in, sesuai lamanya waktu menginap dan kelas kamar yang dipilih, biaya ini hanya untuk pembayaran kamar.


   Agar dapat menyusun perencanaan akomodasi sesuai keinginan pimpinan, seorang administrasi kantor/sekretaris harus mengetahui hal-hal berikut ini.
Ø  Lokasi/tempat tujuan perjalanan bisnis.
Agar administrasi kantor/sekretaris dapat segera mencari dan menghubungi hotel untuk menginap pimpinan.
Ø  Lamanya perjalanan bisnis.
Apabila pertemuan bisnis lebih dari satu hari tentu memerlukan penginapan, tetapi bila pertemuan hanya satu hari, pimpinan tidak perlu menginap, selesai acara langsung pulang.
Ø  Jenis acara perjalanan bisnis.

Administrasi kantor/sekretaris harung mengetahui acaranya dan fasilitas yang diberikan oleh tempat penginapan, karena hal ini berkaitan dengan biaya penginapan, konsumsi, dan akomodasi lainnyaAdministrasi kantor/sekretaris harung mengetahui acaranya dan fasilitas yang diberikan oleh tempat penginapan, karena hal ini berkaitan dengan biaya penginapan, konsumsi, dan akomodasi lainnya.

terimakasi semoga bermanfaat bagi kalian semua...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menjaga kesehatan yang baik